Melirik Sejarah Mobil F1 Dari Waktu ke Waktu

Pertama kali ajang balap ini diselenggarakan tepat pada saat perang dunia ke dua, bentuk mobil pertama kali pada zaman ini seperti silinder namun di bikin roket. Pada masa-masa awal ini mesinnya masih disimpan di bagian depan, seperti kebanyakan mobil yang beredar sekarang. Bobot dari mesinnya yang berat itu bikin titik gravitasi mobil ini tidak cukup bagus.

Pada masa ini kapasitas mesin hanya dibatasi sampai 4.500 cc untuk naturally aspirated, dan 1.500 cc untuk supercharger. Untuk kapasitas segitu, di beberapa tim popular bisa memuntahkan tenaga sampai 425 horsepower. Ingat ya,ini terjadi pada tahun 50 an, tenaga segitu udah kenceng banget yang mana fitur safety mobil mobil tahun segini masih mengkhawatirkan pula.

Fitur Safety Pada Zaman itu Masih Mengkhawatirkan

Nyatanya di era itu, safety mobil F1 masih kurang banget jangankan rem ABS atau teknologi lain seat belt saja masih belum diwajibkan. Karena seluruh posisi pembalap yang tertutupi oleh kabin bisa bahaya banget kan kalo terjadi kecelakaan.

Interior Masih Basic Banget

Selain safety, interior nya masih dikatakan standar setir nya dibikin berdiameter besar supaya gampang mutarnya. Maklum belum ada, power steering selain itu semua panel di depan nya masih berbentuk analog dengan jarum. Mulai dari RPM kecepatan sampai temperatur oli dan lain-lain. Pada masa itu pembalap harus rajin-rajin melihat indicator yang ada di panel.

Itu karena, merekayang menentukan sendiri karena tahun segitu komunikasi dengan radio belum ada. Salah satu tim yang memberikan pengaruh besar pada era berikutnya adalah cooper, pada saat semua orang masih menggunakan mesin depan mereka udah mikir solusinya dan akhirnya mindahin mesin kebelakang.

Perubahan Bentuk Mobil

Secara tidak langsung perubahan bentuk mobil nya agak sedikit membulat, efek dari pindahnya mesin ini sekaligus bikin posisi duduk pembalap jadi lebih selonjoran. Soalnya dulu ada drive train yang posisinya tepat di bawah pembalap buat kapasitas mesinnya sendiri sejak akhir 50 an udah ada revisi aturan yang batasin kapasitas mesin jadi 2500 cc yang naturally aspirated.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *