KISAH LAHIRNYA NASCAR

National Association for Stock Car Auto Racing atau disingkat NASCAR merupakan balap mobil di Amerika yang didirikan pada tahun 1947-1948 oleh orang yang Bernama Bill France dan tentunya para penggemar otomotif sudah tidak asing dengan balapan mobil yang satu ini.

Balapan yang satu ini kemudian berkembang dan menyebar ke negara Meksiko, Kanada, Eropa dan bahkan sampai ke Australia dan Jepang.

NASCAR merupakan balapan yang paling besar dari segi pendapatan dibandingkan dengan balapan lainnya seperti MotoGp dan Formula 1. Uang sponsorship yang didapatkan sangat besar dibandingan dengan ajang balap yang lain. Balapan mobil ini dibagi menjadi 3 katagori yaitu Seri Truck, Seri Piala dan Seri Xfinity.

Pada tahun 1920-an, para distributor miras kesulitan mendistribusikan produknya karena adanya larangan dari pemerintah. Maka dari itu balapan asal Amerika ini begitu dekat dengan kriminalitas.

Maka dari itu para distributor itu menyelundupkan mirasnya menggunakan mobil yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar kecepatannya lebih tinggi dibanding dengan standarnya. Modifikasi ini dilakukan agar mobil dapat melaju secara stabil di lereng perbukitan dan saat kabur dari kejaran polisi.

Kemudian para distributor miras bersaing dalam mendistribusikan barang hingga akhirnya mereka saling klaim bahwa mobil dan pengemudi mereka adalah yang paling cepat. Lalu pada tahun 1993 terjadi perubahan aturan yang menghentikan kegiatan illegal tersebut.

Dan pada akhirnya terlahirlah balapan sebagai pelampiasan daripada mobil yang dimodifikasi demi mengantar miras. Hingga pada 1940-an modifikasi mobil ini terus berlanjut, dan mengadakan semacam balapan kecil dengan hadiah uang.

Balapan ini sukses menyita perhatian para penonton yang berlangsung di Wikes County, North Carolina. Kemudian akhirnya dibuatlah balapan resmi pada 1947 setelah dilirik oleh Bill France. France mencoba mendekati American Automobile tau AAA demi mendapatkan dukungan dana.

Pada akhirnya France membuat aturan balapan sendiri setelah pengajuan dana kepada AAA ditolak, dan menentukan sendiri sponsorship dan hadiahnya dalam National Championship Stock Car Circuit. Pemenang NCSCC pada musim 1947 akan menerima sabuah tropi dan uang sebesar $1.000.

Sampai balapan mobil yang satu ini tetap berlangsung sampai sekarang dan dikenal dengan nama NASCAR .

Formula E: Cikal Bakal Masa Depan Mobil Balap Lsitrik?

Formula E merupakan kejuaraan balap mobil single- seater internasional all- electric awal di dunia. Di tanah air, kejuaraan ini belum sepopuler ajang balap mobil lain, misalnya Formula 1 ataupun balap motor MotoGP. Tetapi, kejuaraan ini diprediksi hendak menemukan antusias dari warga bila telah muncul serta terselenggara di Indonesia.

Secara formal diketahui selaku Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA, misi Formula E merupakan mempromosikan sustainable mobility serta mendesak mobil listrik jadi masa depan racing yang lebih baik serta lebih bersih. Semenjak mengawali debutnya di lapangan Olympic Park, Beijing pada 2014, Formula E berhasil menarik banyak pembalap serta regu terbaik.

Mobil listrik jadi bintang utama di Formula E

Berbeda dari Formula 1 yang menunjukkan pembalap dengan mobil balap biasa mobil dengan mesin pembakaran internal yang ditenagai oleh bahan bakar fosil), Formula E merupakan seri balap all- electric. Maksudnya, para pembalap Formula E cuma memakai mobil listrik. Perbandingan antara Formula E serta Formula 1 pula terletak pada metode balapannya. Bukan gunakan lap, melainkan waktu dengan durasi 45 menit ditambah satu putaran.

Berlangsung sepanjang 45 menit, mobil Formula E bisa menempuh jarak tersebut tanpa pembalap butuh mengubah kendaraan di tengah balapan. Perihal ini berkat inovasi teknologi yang sudah menggandakan jumlah tenaga yang bisa digunakan jadi 54 kWh.

Formula E jadi ajang berolahraga masa depan

Kekhawatiran atas mutu hawa menimbulkan beberapa pemerintah di dunia berjanji buat melarang penjualan mobil bensin serta diesel. Indonesia sendiri berencana menghalangi pembelian BBM tipe pertalite serta solar. Kendaraan leluasa emisi merupakan bisnis besar serta teknologi yang tumbuh pesat membuat penciptaan mobil listrik terus menjadi banyak.

Formula E bertujuan buat menjajaki pergantian ini serta mempunyai konvensi dengan FIA buat mempertahankan letaknya selaku salah satunya seri single- seater all- electric sampai 2039. Itu berarti, Formula 1 tidak hendak dapat memakai mobil listrik dalam 20 tahun ke depan, apalagi bila mau. Tidak heran banyak produsen memilah buat berinvestasi dalam seri Resep E.

Melirik Sejarah Mobil F1 Dari Waktu ke Waktu

Pertama kali ajang balap ini diselenggarakan tepat pada saat perang dunia ke dua, bentuk mobil pertama kali pada zaman ini seperti silinder namun di bikin roket. Pada masa-masa awal ini mesinnya masih disimpan di bagian depan, seperti kebanyakan mobil yang beredar sekarang. Bobot dari mesinnya yang berat itu bikin titik gravitasi mobil ini tidak cukup bagus.

Pada masa ini kapasitas mesin hanya dibatasi sampai 4.500 cc untuk naturally aspirated, dan 1.500 cc untuk supercharger. Untuk kapasitas segitu, di beberapa tim popular bisa memuntahkan tenaga sampai 425 horsepower. Ingat ya,ini terjadi pada tahun 50 an, tenaga segitu udah kenceng banget yang mana fitur safety mobil mobil tahun segini masih mengkhawatirkan pula.

Fitur Safety Pada Zaman itu Masih Mengkhawatirkan

Nyatanya di era itu, safety mobil F1 masih kurang banget jangankan rem ABS atau teknologi lain seat belt saja masih belum diwajibkan. Karena seluruh posisi pembalap yang tertutupi oleh kabin bisa bahaya banget kan kalo terjadi kecelakaan.

Interior Masih Basic Banget

Selain safety, interior nya masih dikatakan standar setir nya dibikin berdiameter besar supaya gampang mutarnya. Maklum belum ada, power steering selain itu semua panel di depan nya masih berbentuk analog dengan jarum. Mulai dari RPM kecepatan sampai temperatur oli dan lain-lain. Pada masa itu pembalap harus rajin-rajin melihat indicator yang ada di panel.

Itu karena, merekayang menentukan sendiri karena tahun segitu komunikasi dengan radio belum ada. Salah satu tim yang memberikan pengaruh besar pada era berikutnya adalah cooper, pada saat semua orang masih menggunakan mesin depan mereka udah mikir solusinya dan akhirnya mindahin mesin kebelakang.

Perubahan Bentuk Mobil

Secara tidak langsung perubahan bentuk mobil nya agak sedikit membulat, efek dari pindahnya mesin ini sekaligus bikin posisi duduk pembalap jadi lebih selonjoran. Soalnya dulu ada drive train yang posisinya tepat di bawah pembalap buat kapasitas mesinnya sendiri sejak akhir 50 an udah ada revisi aturan yang batasin kapasitas mesin jadi 2500 cc yang naturally aspirated.